Lakukan Riset Ini Dulu Jika Ingin Pergi Wawancara Kerja

Riset nggak hanya penting saat kamu nyusun tesis atau skripsi, tetapi juga saat kamu melamar pekerjaan. Nggak hanya untuk mengecek alamat kantor (penting juga), tetapi juga memastikan visi dan misi kantor tersebut sesuai dengan milik kamu.

Akan banyak informasi yang bisa kalian dapatkan melalui website, sosial media maupun karyawan yang masih atau pernah bekerja di perusahaan tersebut. Tapi, informasi apa aja sih yang harus digali? Berikut clue­-nya!

 

Apa sih yang mereka lakukan?

Kamu harus mencari tahu informasi mengenai apa yang kantor tersebut lakukan. Misalnya saja GETJOB memberikan layanan untuk mempermudah pencarian kerja dan perekrutan karyawan dalam satu tempat. Biasanya hal ini bisa kamu temukan dengan mudah di situs perusahaan pada bagian “About Us” atau “Tentang Kami” atau malah di halaman depan.

 

Apa saja yang akan didapatkan?

Mau tahu berapa gajinya? Dapat BPJS atau ngga? Meja pingpong? Hal ini penting untuk memproyeksikan kehidupan finansial dan karir kamu ke depannya, lho. Untuk mencari informasi ini kamu nggak perlu ribet, karena dalam halaman lowongan kerja di GETJOB, setiap kantor mencatumkan info tersebut pada Info Details dan Benefit.

 

Bagaimana culture mereka?

Santai atau kaku? Hal ini juga bisa mempengaruhi pakaian apa yang akan kamu kenakan saat wawancara nanti dan kenyamanan kamu bekerja di sana. Hal ini bisa kamu temukan di akun media sosial mereka seperti Twitter atau Instagram. Biasanya kantor rajin mem-posting kegiatan sehari-hari atau acara di tempat mereka. Coba lihat dari interior kantor dan tentunya karyawannya.

 

Siapa saja tim yang akan bekerja dengan kamu?

Info ini bisa kamu dapatkan dengan mudah jika kamu memiliki teman di kantor tersebut. Tapi jika tidak, kamu bisa juga cari di LinkedIn.

 

Bagaimana kondisi keuangan mereka?

Info ini berkaitan dengan masa depan sebuah kantor dan tentunya karyawannya. Apalagi jika kamu melamar di kantor non-profit atau kantor startup yang biasanya sangat bergantung pada investor. Nah, untuk hal ini bisa cek di situs mereka juga atau teman yang kerja di sana. Dengan begini kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk mungkin menanyakan hal ini saat wawancara nanti.

 

Bagaimana dengan industri dan kompetitornya?

Bagi kamu yang mencari kerja namun masih dalam industri yang sama, tentunya ini bukan masalah. Tapi bagi kamu yang beralih ke industri yang berbeda, sangat penting untuk mempelajari situasi dan kondisi di industri tersebut beserta kompetitornya.  Dengan banyak membaca artikel bisnis kamu bisa mengetahui kondisi market di industri yang kamu tuju. LinkedIn juga bisa menjadi sumber informasi yang memadai. Tak perlu lihat secara detail, lihat saja secara garis besar. Tengok apakah perusahaan-perusahaan kompetitor sedang membuka lowongan pekerjaan yang sama dan berkembang pesat. Jika ya, berarti industri sedang berjalan dengan baik.

Tips Lainnya


15 Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia


7 Contoh Masalah di Tempat Kerja dan Solusi Cerdasnya


9 Cara Efektif Mengatasi Konflik antara Atasan dan Bawahan


8 Program Kesejahteraan Karyawan untuk Mengurangi Turnover


10 Cara Cerdas Menurunkan Biaya Operasional Perusahaan